Author Guidelines

  1. Artikel harus orisinil, karya sendiri, memiliki kebaruan pemikiran dan dampak yang berarti secara sosiologis, serta belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam proses pengajuan untuk dipublikasikan di jurnal lain. Artikel dapat berupa hasil penelitian, kertas kerja, ulasan teori atau metodologi, ulasan tentang kebijakan atau situasi sosial, dan review (resensi) buku.
  2. Jumlah kata dalam artikel 6.000-8.000 kata, sementara untuk review (resensi) buku jumlah kata berkisar antara 1500-2500 kata. Jumlah tersebut tidak termasuk bibliografi dan catatan kaki. Ukuran huruf 12 point, jenis Times New Roman, dan spasi 1,5.
  3. Artikel harus disertai abstrak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak berkisar antara 150-200 kata (sekitar 1.100-1.450 karakter termasuk spasi) dan hanya terdiri dari satu paragraf yang menggambarkan esensi isi keseluruhan artikel secara gamblang dan utuh. Ukuran huruf 12 point, jenis Times New Roman, dan spasi 1. Sertakan pula 3-5 keywords (kata kunci). 
  4. Penulisan rujukan, kutipan di dalam teks, catatan kaki, referensi/daftar pustaka menggunakan format ASA (American Sociological Associations), seperti contoh berikut:
  • Jika nama penulis termasuk di dalam teks, ikuti dengan tahun publikasi di dalam kurung:

Ketika Chu (1977) melakukan studi...

  • Jika nama penulis tidak ada dalam teks, letakkan nama belakang penulis dan tahun publikasi di dalam kurung:

Ketika studi itu selesai...(Jones 1994)

  • Jika nomor halaman ikut dimasukkan setelah tahun publikasi cantumkan setelah tanda titik dua:

...Chavez (1966:16)

  • Kalau ada tiga penulis, tuliskan ketiga nama belakang penulis di awal rujukan teks; setelah itu rujukan cukup menyebut nama penulis pertama dan et.al.; jika lebih dari tiga penulis, cantumkan nama belakang penulis pertama dan et.al.:

(Smith, Garcia and Lee 1954) (Snow et al. 1989)

  • Nukilan/kutipan di dalam teks harus dimulai dan diakhiri dengan tanda kutip; rujukan dicantumkan setelah tanda kutip penutup dan diakhiri titik.

"Pada 1999, bagaimanapun, data berdasarkan tipe pekerjaan yang lebih spesifik menunjukkan bahwa pekerjaan dengan orientasi teknologi bergaji lebih baik" (Hildenbrand 1999:47). 

  1. Hindari penulisan catatan kaki, kecuali memang perlu penjelasan tambahan di luar konteks tulisan. Catatan kaki ditulis dengan huruf yang minimal. Susun catatan kaki berurutan berdasarkan nomor, letaknya di bawah pada halaman yang sama. Cantumkan rujukan jika perlu.
  2. Penulisan setiap tabel dan gambar/bagan mengikuti contoh di tautan bagian bawah. Di bagian atas ada judul dan penomoran secara berurutan, serta di bagian bawah tercantum sumber data. Keterangan tabel dan gambar terletak persis di bawah tabel/gambar bersangkutan.

Contoh tabel:

  1. Di akhir tulisan, seluruh rujukan yang ada di dalam tulisan harus dicantumkan dan ditulis berurutan menurut abjad dari nama belakang penulis utama.
  2. Profil penulis (nama lengkap, Asal institusi, dan alamat e-mail) tidak disertakan di dalam artikelsaat dikirimkan agar dapat dilakukan double blind review (penelaahan secara anonim) oleh reviewer (mitra bebestari).
  3. Artikel jurnal dikirim melaluiOJS (Open Journal System) website ini dengan terlebih dahulu melakukan registrasi online di website tersebut. Sebelum mengunggah artikel, penulis wajib melakukan registrasi secara online untuk membuat akun (username & password) pada laman website ini. 
  4. Penulis harus memperhatikan berbagai poin yang tercantum dalamPublication Ethicsterhadap artikel yang akan dikirim.
  5. Dengan publikasi lewat jurnal ini, maka penulis menyerahkan hak mengkopi (copyright) artikel secara utuh (abstrak, tabel, gambar, ilustrasi) kepada Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI), termasuk hak menerbitkan ulang dalam semua bentuk media.

  SISTEMATIKA  ARTIKEL

  1. JUDUL ARTIKEL

Judul diupayakan  menarik minat pembaca dan merefleksikan isi tulisan. Maksimal 10 kata/frase.

  1. Terdiri dari abstrak B. Indonesia & B. Inggris. Sistematika:
    1. Panjang abstrak 150-200 kata
    2. Ide utama tulisan (mengandung kebaruan/novelty)
    3. Perbedaan ide utama tulisan dengan ide-ide sebelumnya yang berkaitan dengan gejala yang kurang lebih sama.
    4. Metode penelitian.
  1. KATA KUNCI BHS. INGGRIS
  2. PENDAHULUAN (4-6 paragraf/ 300-1000 kata)
    1. Deskripsi gejala (1 paragraf)
    2. Pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gejala
    3. Literature review
      • Uraikan ide-ide pokok dari kajian-kajian sebelumnya yang relevan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan (1-2 paragraf)
      • Tentukan posisi penulis berdasarkan uraian kajian-kajian sebelumnya: setuju, tidak setuju, atau ada aspek-aspek yang kurang yang akan dilengkapi (1-2 paragraf)
    4. Thesis statement (1 paragraf)

Rumuskan thesis statement sebagai jawaban sementara atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan  berdasarkan hasil review atas kajian-kajian sebelumnya. Ini adalah bagian paling penting sebab merupakan fondasi, fokus, dari tulisan.

  1. METODE PENELITIAN (2-3 paragraf/ 200-300 kata)

Uraikan metode penelitian yang digunakan, teknik pengambilan data, kategori narasumber, dan validasi data.

  1. KERANGKA TEORI/KONSEP (4-10 paragraf/ 600-1000 kata)

Rumuskan elemen-elemen teori/konsep yang relevan atau  bisa membantu untuk menjelaskan gejala yang akan dibahas

  1. TEMUAN DAN ANALISIS (15-20 paragraf/ 4000-5000 kata)

Sistematika Temuan dan Analisa: deskripsi temuan, analisa temuan dengan dibantu kerangka teori/konsep sebagai pisau analisa, dan simpulan (teori/konsep bisa/kurang bisa/tidak bisa menjelaskan temuan). Penjudulan temuan dan analisis dibuat secara tematik.

  1. SIMPULAN (3-4 paragraf/ 300-400 kata)

Bagian ini jangan dibuat berupa ringkasan atau rangkuman tulisan, melainkan berupa signifikansi teoretik/sintesa tulisan/konstruksi teoritik/konsep berdasarkan data lapangan

  1. DAFTAR PUSTAKA

Gunakan standar ASA (American Sociological Association). Berlaku juga untuk penyusunan body note, footnote, dll.